You Are Here: Home - Agama , Berita Utama , Kiblat - Pastikan Arah Kiblat Anda telah Benar

Tiga hari ini 16-18 Juli 2010, adalah waktunya untuk mengecek kembali arah kita sholat, karena matahari pada saat itu ada diatas kota Makkah-Arab Saudi.

Bayangkan matahari itu lampu besar yang ada disebuah menara, maka semua bayangan yang ada disekitarnya jika ditarik garis lurus akan mengarah ke menara tersebut.

Itulah sebabnya tiga hari ini sekitar pk 16.15 adalah waktunya untuk mengecek kembali arah kita sholat (kiblat), karena matahari sedang ada di atas kota mekkah al-mukaromah Arab saudi.

Caranya sederhana, pada hari dan jam tersebut diatas Anda cukup berdiri di tempat yang ada bayangan matahari, atau tancapkan sebuah tongkat di halaman yang terkena sinar matahari, maka garis bayangan itulah arah kiblat yang benar. Atau jika kamar Anda mendapat cukup sinar matahari, bukalah jendela biarkan sinar matahari masuk, nah garis bayangan jendela itu juga bisa dijadikan patokan arah kiblat.

Jika cuaca mendung terus seperti hari ini (16/7), ada cara lain yaitu dengan internet dan mengakses web site www.qiblalocator.com. Saya sudah coba akses untuk mengukur ketepatan arah kiblat di wilayah RW-12 Depok Maharaja.

Kalau kita perhatikan masjid kita Al-Ikhlash RW-12 Depok Maharaja menghadapnya tidak lurus dengan arah kiblat, perhatikan garis merah adalah arah kiblat, garis tersebut jika ditarik lurus akan sampai ke kota Mekah-Arab Saudi. Sedangkan garis sepadan bangunan masjid tidak sejajar dengan garis merah arah kiblat, sehingga jika kita sholat perlu memiringkan sedikit sajadah kita kekanan.

Di Kompleks RW 12 Depok Maharaja kalau kita perhatikan, rumah yang sudah searah dengan arah kiblat hanya rumah sebagian blog P-8 (sekitar pak Asdedi sampai depan Pak Eko), dan rumah sebagian O-3 (Pak Erwin sampai alm pak Ibnu)

Sementara untuk rumah-rumah yang lain arah kiblat harus memiringkan sajadah sekitar 45 kearah jarum jam. (perhatikan beberapa gambar)

  • RT-1, Arah kiblat harus memiringkan sajadah 45 drajat bahkan untuk deretan bu Berta lebih dari 45

  • RT-2, Arah kiblat harus memiringkan sajadah 45 derajat kecuali deretan rumah pak Erwin sampai pak Bekti bangunan rumah sudah searah dengan arah kiblat. Juga deretan rumah pak Asdedy dampai depan Pak Eko, bangunan rumah sudah searah dengan arah kiblat

  • RT-3 Arah kiblat harus memiringkan sajadah 45 derajat kecuali deretan rumah pak Eka sampai eks rumah pak Syahrial hanya sedikit memiringkan sajadah

  • Untuk warga RT-04 karena semuah rumah sejajar, arah kiblat nya harus memiringkan sajadah 45

  • Untuk warga RT-5 arah kiblat juga harus memiringkan sajadah 45 ke kanan/utara (Foto satelit terlampir)

Semoga dapat membantu anda dalam beribadah


Untuk lebih jelasnya silakan klik disini atau di www.republika.co.id


Slamet Riyanto