You Are Here: Home - - Profile RW 12 Maharaja

Liputan-12-- RW-12 Depok Maharaja, adalah Rukun Warga dilingkungan perumahan Depok Maharaja, Kelurahan Rangkapan Jaya, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok - Jawa Barat

RW ini dibentuk mulai tahun 1995, walaupun warga yang tinggal masih sedikit, namun karena tuntutan administrasi pemerintahan, mereka berinisiatif membentuk sebuah rukun warga yang kemudian menjadi cikal bakal RW-12 Depok Maharaja.

Para tokoh yang pernah menjabat sebagai ketua RW yaitu: Kristanto, Mujiarto Suwandi, Sudiharwanto. Seiring dengan perkembangan perumahan Depok Maharaja, RW-12 menjadi besar bahkan saat ini telah mencapat 5 Rukun Tetangga (RT) dengan 375 KK, atau + 1200 jiwa.

Saat awal pembentukan RW-12, masih minim dengan fasilitas, wargapun berinisiatif membangun rumah ibadah yang diberi nama masjid Al-Ikhlash. Berdiri diatas lahan seluas +500 m2. Lahan disiapkan oleh developer, namun biaya pembangunannya murni dari swadaya masyarakat.

Lapangan bulutangkis juga dibangun, walaupun akhirnya harus rela ditukar guling oleh pihak pengembang karena lokasinya akan dijadikan perumahan. Bahkan pada akhir tahun 2005 wilayah RT 05 sudah mulai penuh dan wargapun berinisiatif menambah satu lapangan bulutangkis diwilayahnya.

Membangun pos penjagaan sekaligus sebagai pos keamanan RW-12 karena saat-saat awal berdirinya perumahan ini layanan keamanan mutlak diadakan, apalagi saat terjadi krisis nasional tahun 1997/98.

Saat ini RW 12 memiliki 12 tenaga keamanan, dan dua orang petugas kebersihan. Semuanya direkrut dari warga disekitar perumahan Depok Maharaja. Layaknya sebuah perumahan, warga RW-12 sangat heterogen, segala jenis profesi yang disandangnya ada, mulai dari pedagang, pengacara, jaksa, dosen, bahkan menteri. Heterogenitas juga terlihat dari sisi kepercayaan, kami hidup berdampingan dengan berbagai agama, walaupun mayoritas muslim, namun para pemeluk agama minoritas juga merasa nyaman tinggal di RW-12.

Kian tahun komunitaspun terbentuk, olahraga menjadi pilihan untuk membentuk komunitas seperti badminton, senam jantung sehat, senam pernafasan merpati putih, ligoad di masjid, sampai kegiatan hiburan memancing.

Kini RW-12 sudah terlihat rapi, namun warga masih terus berbenah agar bisa tercipta lingkungan yang aman, nyaman, dan bersih. (Slamet R)
Tags: